Bandung Fashion
Mengerjakan jaket(@Rp.125.000,-)+Border, sweater(@Rp.60.000,-)+Border, kaos (@Rp.25.000,-)+Border, Spanduk (10.000 /meter)dll partai besar atau kecil. Transfer via Rekening 3 hari barang di kirim langsung ke tujuan. ......Lengapnya...

Senin, Oktober 19, 2009

Hari gini masih ada yang gratis ?

Senin, Oktober 19, 2009

Beberapa hari lalu aku membuat blog di Blogger dengan domain sendiri (nama_domainku.co.cc coba perhatikan addres di atas) dan hosting sendiri. Semuanya gratis. Aku akan tulis pengalaman membuat blog dengan domain dan hosting sendiri secara Gratis disini. Simak tulisan berikut ini.

Tulisan ini direncanakan menjadi 3 bagian, yakni membuat domain, menyediakan hosting, menginstall Wordpress / Blogger

BAGIAN 1 : MEMBUAT DOMAIN GRATIS

Buka web penyedia domain gratis disini.

Isikan nama domain yang anda kehendaki dan tekan tombol Check availability. Jika nama yang anda pilih sudah dipakai orang, akan ada keterangan untuk mengganti atau memilih salah satu nama yang disarankan. Jika domain yang anda pilih belum dipakai orang akan mencul seperti gambar berikut ini. Klik continue registration.

Akan muncul form seperti gambar berikut. Klik create an account now.

Isikan semua informasi yang dibutuhkan dalam form seperti berikut. Tanda centang di sebelah kotak form menunjukkan bahwa kotak tersebut wajib diisi. Jangan lupa pula centang tanda setuju dengan semua persyaratan yang ada pada bagian bawah. Tekan tombol create an account now.

Domain yang kita pilih sudah terdaftar. Waktunya untuk mengatur setting domain kita karena jika dalam 1×24 jam tidak kita atur setupnya, domain kita akan dihapus. Jadi, segera tekan tombol setup.

Setting Nama Server (NS)

Saatnya mengatur nama server (NS) agar diarahkan ke hosting (gratis) yang nanti akan kita buat. Yang harus anda lakukan (Lihat gambar berikut) :

  1. klik radio button manage dns.
  2. Isi server dengan alamat server 000webhost (ns01.000webhost.com dan ns02.000webhost.com) seperti contoh.
  3. tekan tombol setup.

Selamat. Domain kita sudah siap. Klik OK. Dalam waktu 48 jam server akan diarahkan ke hosting kita. Saatnya mempersiapkan hosting (gratis) kita.

Artikel berikut ini merupakan bagian kedua dari 3 tulisan yang direncanakan. Pada bagian pertama kita telah Membuat domain gratis, kini saatnya mempersiapkan hosting file-file WordPress kita, yang tentu saja pilih yang gratis. Inilah tulisan selengkapnya.

Mempersiapkan Hosting Gratis

Klik situs penyedia hosting gratis di sini (klik banner berikut). Free Web Hosting with Website Builder

Ya, kita akan menggunakan 000webhost yang menyediakan ruang penyimpanan sebesar 250 MB dan trafik 100GB sebulan. Benar-benar hosting terbaik untuk versi gratisan. Langsung saja klik tombol biru Sign Up.

Isi nama domain sesuai dengan yang telah kita buat. Isi pula data-data yang dibutuhkan dan jangan lupa beri centang pada persetujuan. Klik create my account.

Jika muncul seperti gambar berikut, artinya akun kita sedang diproses menunggu giliran,

Dan jika muncul tampilan berikut, artinya hosting gratis anda sudah siap. Catat data-data yang diperlukan di notepad atau buku, atau bisa juga halaman ini disimpan (jika pakai browser firefox, pilih file > save page as…) karena data-data ini mungkin anda perlukan di kemudian hari.

Coba anda lihat pada detil name server (yang aku beri lingkaran merah). Jika alamat ini sudah sama dengan seting dns di domain gratis yang kita buat sebelumnya, abaikan saja. namun jika berbeda, anda harus mengganti setting di domain gratis tadi (login ke akun kita dan pilih manage domain) dan sesuaikan dengan name server di hosting ini.

Domain dan hosting kita sudah siap. Saatnya menginstal WordPress.

Artikel ini merupakan bagian terakhir dari 3 bagian yang direncanakan tentang membuat blog WordPress dengan domain dan server sendiri secara gratis. Pada bagian sebelumnya sudah dijelaskan tentang membuat domain gratis dan mencari hosting gratis. Kini saatnya menginstal wordpress.

Persiapan Upload WordPress

Sebelumnya kita harus menyiapkan dulu file WordPress yang akan kita pakai. Download saja di situs resmi WordPress (dalam format ZIP). Ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum file wordpress kita siap upload, yakni : mekarkan (unzip), pilih semua, dan klik kanan, pilih add to archive. Jadi nanti yang akan kita upload ke hosting adalah WordPress yang sudah kita ZIP. Jangan langsung upload file yang kita download dari situs WordPress, tapi harus sesuai langkah yang diberikan tadi. Jika tidak mau repot, aku sudah mengarsip file-file WordPress siap pakai. Silakan download disini.

Jika semua sudah siap, kita kembali ke kontrol panel 000webhost. Klik link enter control panel.

Pilih File Manager

Jika waktu anda sudah habis, anda akan diminta untuk memasukkan password login lagi :

Anda akan dibawa ke halaman net2ftp. Klik public_html

Kita akan masuk ke folder public_html tempat menaruh file-file kita. Klik tombol upload.

Cari file WordPress yang sudah kita siapkan tadi dengan menekan tombol browse, jika sudah tekan tanda centang hijau. (Lihat gambar)

Tunggu sampai prosesnya selesai. Jika sudah, klik tombol panah biru untuk kembali ke File Manager.

Pilih wordpress.zip yang barusan kita upload dan klik tombol Unzip untuk mengekstrak file tersebut.

Klik tanda centang hijau untuk memulai proses unzip.

Jika sudah selesai prosesnya, kembali ke File Manager dengan klik tombol panah biru. Saatnya untuk mempersiapkan instalasi blog WordPress kita. Sebelumnya hapus dulu file default.php

Membuat Database WordPress

Pada control panel 000webhost, pilih MySQL untuk membuat database yang kita siapkan buat blog kita.

Isi nama database, user dan password yang kita kehendaki, pilih create database

Akan muncul informasi seputar database yang anda buat. catat baik-baik jangan sampai lupa karena nanti akan digunakan dalam seting blog kita.

Database kita sudah siap, saatnya menginstall wordpress. Kembali ke net2ftp tadi dimana file-file WordPress kita upload. Beri centang pada file wp-config-sample.php dan tekan tombol rename.

Ganti menjadi wp-config.php. Tekan tanda centang hijau untuk memproses.

Kembali ke File Manager dengan meng-klik tombol panah biru. Selanjutnya klik link edit untuk mengganti isi wp-config.php sesuai dengan database yang telah kita buat sebelumnya (klik gambar untuk memperbesar tampilan).

Ganti db-name, db-user, password dan host sesuai dengan informasi database yang sudah kita buat di awal tadi. Setelah itu simpan dengan klik ikon disket warna biru.

Dengan demikian semua persiapan telah selesai, saatnya menginstal WordPress.

Menginstal WordPress

Buka browser anda dan ketikkan alamat domain yang tadi sudah anda buat. Dalam contoh ini aku mengetikkan storyofsongs.co.cc sehingga muncul form berikut ini.

Isikan judul blog dan email anda, beri centang pada Allow… kemudian tekan tombol Install WordPress.

Selamat. Blog kita sudah jadi. Catat baik-baik password yang diberikan dan gunakan untuk login. Sebaiknya setelah login, ganti password tersebut dengan yang mudah kita ingat sehingga kita tidak kesulitan ketika mau masuk dashboard WordPress/Blogger.

Demikian tutorial singkat Menginstall wordpress/Blogger di server sendiri dengan domain sendiri pula, berdasarkan pegalaman aku yang masih awam dan ternyata tidak susah untuk memperoleh Blog yang “serasa berbayar”.



Related Posts



1 komentar:

plasaBooks mengatakan...

ya ya ya
yang gratisan itu malah yang banyak diminati. :)

Posting Komentar

Kolom Komentar

 

Recent Posts

Pengikut

duniaquduniamu

Copyright © Blognya Kang Andy | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog